Profile

Historis Dan Keberadaan Universitas Palembang

Internal Stakeholder Universitas Palembang

Dimulai dari semangat dan tanggung jawab yang kuat untuk mengabdi kepada bangsa dan Negara Republik Indonesia, maka atas dasar itulah dan didorong oleh beberapa tokoh pendidikan terkemuka di Palembang, didirikan sebuah Yayasan Perguruan Tinggi Sriwijaya yang dituangkan melalui Akte Notaris Henny Jeanne Pattinama, SH Nomor 16 tanggal 21 Februari 1981. Pada tangga 16 Juli 1981 Yayasan ini mendapat Rekomendasi dari Gubernur Sumatera Selatan dengan Nomor:241-4/003640/X. Kemudian pada tanggal 8 Agustus 1981 nama Yayasan berubah menjadi Yayasan Perguruan Tinggi Palembang (YPTP) melalui Notaris yang sama dengan Nomor 11, dan selanjutnya terdaftar di Pengadilan Negeri Palembang Nomor:20/1981 tanggal 11 Agustus 1981.

Pada awalnya yayasan Perguruan Tinggi Palembang mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), selanjutnya pada tahun 1982 bulan Februari didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP), dan Sekolah Tinggi Ilmu Teknik (STIT). Kemudian keempat Sekolah Tinggi tersebut digabung menjadi Universitas Palembang, yang terdiri atas empat Fakultas yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik. Setelah berjalan selama tiga tahun, maka Universitas Palembang berubah status menjadi Terdaftar berdasarkan SK Mendikbud nomor:0611/O/1985 tanggal 2 Desember 1985. Pada tahun 1992, status Universitas Palembang meningkat menjadi Diakui berdasarkan Surat keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor: 139/DIKTI/Kep/1992 tanggal 28 April 1992 untuk Program Sarjana (S1) Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Fakultas Hukum Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Pertanian Jurusan Budidaya Pertanian, dan Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil.

Memperhatikan perkembangan yang ada, maka pada tahun 1989 dibuka Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan pada Fakultas Pertanian dengan status terdaftar berdasarkan SK Dirjen Dikti nomor: 0414/O/1989 tanggal 29 Juni 1989. Selanjutnya pada tahun 1993 dibuka Jurusan Teknik Elektro pada Fakultas Teknik dengan status terdaftar berdasarkan SK Dirjen Dikti nomor:599/DIKTI/Kep/1993 tanggal 23 Nopember 1993.Pada tahun 1998 Universitas Palembang mendapat pengakuan Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi melalui SK BAN-PT Nomor: 022/BAN-PT/Ak-II/XII/1998 tanggal 22 Desember 1998.

Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi dari DIKTI DEPDIKNAS diperoleh setiap Program Studi yang ada di Universitas Palembang pada tahun 2004 berturut-turut sebagai berikut: Program Studi Manajemen Perusahaan Nomor: 435/D/T/2004, tgl. 10 Februari 2004; Program Studi Ilmu Hukum Nomor: 1512/D/T/2004, tgl. 22 April 2004 ; Program Studi Budidaya Pertanian Nomor: 015/BAN PT/AK-X/S1/VII/2007, tgl. 10 Juli 2007; Program Studi Hama dan Penyakit Tumbuhan Nomor: 433/D/T/2004, tgl. 10 Februari 2004 ; Program Studi Teknik Sipil Nomor: 432/D/T/2004, tgl. 10 Februari 2004 ; dan Program Studi Teknik Elektro Nomor: 3203/D/T/2004, tgl. 19 Agustus 2004. Selanjutnya pada tahun 2004 khusus Fakultas Ekonomi mendapat Predikat Akreditasi B melalui SK BAN-PT Nomor:014/BAN-PT/AK-X/S1/VI/2007 tgl 30 Juni 2007. Fakultas Hukum mendapat predikat Akreditasi B melalui SK BAN PT. No:007/BAN-PT/AK-X/S.1/VI/2006.

1. Fakultas Ekonomi

1.1. Program Studi Manajemen Perusahaan

2. FakultasHukum

2.1. Program Studi Ilmu Hukum

3. Fakultas Pertanian

3.1. Program Studi Budidaya Pertanian

3.2. Program Studi Hama dan Penyakit Tumbuhan

4. Fakultas Teknik

4.1. Program Studi Teknik Sipil

4.2. Program Studi Teknik Elektro

Visi, Misi, dan Tujuan Universitas Palembang

Visi, Misi dan tujuan merupakan panduan untuk mencapai sasaran yang ingin dicapai suatu organisasi. Adapun visi yang ingin dicapai UNPAL adalah:

“Menjadi Universitas Yang Unggul Dalam Pendidikan Tinggi

Dan Berwawasan Entrepreneur 2012″.

Untuk mengimplementasikan visi tersebut, maka UNPAL melaksanakan beberapa misi:

a) Meningkatkan kualitas institusi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

b) Meningkatkan kualitas manajemen institusi, sarana prasarana dan administrasi modern/mutahir.

c) Menyiapkan pribadi mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik dan aplikatif yang mampu menghadapi tantangan dan menciptakan dunia kerja, berimajinasi, inovasi dan kompetensi secara profesional.

d) Menyiapkan sumberdaya staf akademik dan non akademik yang memiliki kemampuan handal dengan berbagai keahlian spesifik.

Adapun visi dan misi tersebut diwujudkan dengan tujuan yang akan dicapai dalam waktu 5 tahun mendatang, yaitu terciptanya UNPAL yang mandiri dengan lulusan yang berkualitas serta memiliki wawasan Entrepreneur sebagai produk yang inovatif dan menjadi bagian kekuatan dalam membangun kualitas bangsa.

Secara bertahap untuk mencapai terwujudnya tujuan tersebut, maka dilakukan tahapan pencapaian tujuan:

a. Tujuan Jangka Pendek :

a) Tercapainya peningkatan kualitas institusi yang meliputi kualitas input, proses dan output khususnya dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

b) Terwujudnya peningkatan kualitas manajemen institusi yang meliputi pertama; peningkatan kinerja manajemen dan kepuasan internal stakeholder yang didukung dengan sarana dan prasarana, kedua; pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) secara optimal.

b. Tujuan Jangka Panjang :

a) Terbentuknya mahasiswa dan alumni yang memiliki kualitas akademik yang baik/unggul sesuai dengan kompetensi, dapat menghadapi tantangan dan menciptakan dunia kerja, memiliki kreatifitas dan inovasi serta memiliki jiwa entrepreneur.

b) Peningkatan kemampuan akademik dan non akademik yang handal di lingkungan internal stakeholder dengan berbagai keahlian spesifik.

c) Peningkatan kualitas pengelolaan institusi secara transparan dan terintegrasi dengan setiap unit yang ada di lingkungan UNPAL.

d) Mewujudkan kemitraan dengan pihak eksternal stakeholder guna membangun sinergi serta menciptakan link and macth.

Didalam penyelenggaraan kegiatan organisasi, UNPAL menekankan pada 5 elemen dasar budaya organisasi, yaitu:

1) Orientasi menuju kualitas, yaitu suatu sikap mental yang merupakan perwujudan dari suatu tekad untuk selalu bekerja lebih baik bersamaan dengan berjalannya waktu.

2) Saling percaya, kebersamaan yang kokoh yang dilandasi oleh rasa saling percaya.

3) Bekerja secara team work dan bersungguh-sungguh guna mewujudkan pelayanan prima.

4) Transparansi, untuk menumbuhkan rasa saling percaya, maka civitas akademika perlu yakin bahwa proses-proses manajemen berjalan secara objektif, untuk itu semua proses manajemen yang ada di UNPAL dilakukan secara transparan.

5) Profesionalisme, dalam setiap melaksanakan pekerjaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Strategi Pengembangan

Untuk mencapai tujuan yang direncanakan, khususnya pada 3 (tiga) tahun kedepan (Tahun 2009 s/d 2011), UNPAL akan membuat strategi pengembangan yang mengacu pada visi, misi dan tujuan. Strategi pengembangan yang diterapkan dengan memprioritaskan pada tujuan jangka pendek yang lebih mengarah pada perbaikan manajemen institusi terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena ada beberapa pelayanan yang masih membutuhkan perbaikan untuk menuju Good University Governance dengan memberikan pelayanan yang maksimal terhadap internal stakeholder. Selanjutnya membuat strategi pengembangan jangka panjang yang meliputi peningkatan hubungan dengan eksternal stakeholder. Berdasarkan kedua tujuan tersebut, maka kegiatan yang akan diprioritaskan adalah melaksanakan perbaikan kesehatan organisasi institusi. Setelah itu akan mengupayakan perbaikan-perbaikan yang langsung berhubungan dengan peningkatan kualitas lulusan dan kemampuan kualitas sumberdaya yang dimiliki serta menjalin hubungan dengan eksternal stakeholder.

Program Pengembangan Manajemen Institusi

Dengan berpedoman pada visi dan misi yang telah dirumuskan sebelumnya, maka rencana strategis pengembangan untuk 5 (lima) tahun kedepan atau Tahun 2008 sampai dengan Tahun 2012 dirumuskan dalam beberapa hal sebagai berikut:

1. Isu utama

Isu utama UNPAL, pertama adalah menciptakan lulusan yang berkualitas akademik sesuai dengan disiplin ilmu serta memiliki jiwa entrepreneur. Kualitas lulusan diharapkan mampu bersaing dalam tantangan dunia kerja, berimajinasi, inovasi dan memiliki kemampuan kompetensi akademik secara profesional. Kedua adalah menyiapkan sumber daya akademik dan non-akademik yang memiliki kemampuan yang handal dengan berbagai keahlian spesifik guna tercapainya kualitas pengelolaan universitas (Improvment Management Quality) dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi. Ketiga, menjalin hubungan secara sinergis dengan eksternal stakeholder. Keempat, membentuk softskil yang tangguh sebagai nilai tambah bagi alumni

2. Isu strategis

Untuk mencapai isu utama maka terdapat beberapa isu strategis yang telah ditetapkan menjadi fokus pengembangan institusi untuk 5 (lima) tahun kedepan.

a. Membangun Kapasitas Organisasi dan Kelembagaan institusi.

Membangun kapasitas organisasi adalah upaya untuk memperkuat sistem manajemen organisasi agar menjadi lebih efektif dan efisien. Pembangunan kapasitas ini mencakup pengelolaan organisasi, sumberdaya manusia, dan program pelayanan internal institusi, sehingga lebih tepat guna dan berkualitas. Pengelolaan hubungan institusi dengan pihak dunia kerja serta keberlanjutan peranan organisasi institusi dalam membangun dunia pendidikan tinggi.

b. Mendukung Peningkatan Daya Saing Institusi

Institusi pendidikan menjadi sangat penting dalam upaya peningkatan daya saing yang dapat diwujudkan apabila institusi pendidikan UNPAL mampu mengimplementasikan manajemen yang prima dengan dukungan sumberdaya, sehingga institusi menjadi suatu organisasi yang sehat dan berkualitas. Dengan demikian institusi dapat menyelenggarakan aktivitas pembelajaran dalam membangun kapabilitas intelektual, sehingga menjadi manusia yang memiliki jiwa berwirausaha serta mampu berkompetisi di pangsa kerja.

c. Membangun Peran Institusi Dalam Mengembangkan Potensi Masyarakat

Keberadaan UNPAL harus menjadi inisiator dalam menggali potensi masyarakat. Berkaitan dengan hal ini, institusi dapat berperan aktif dalam hal pengembangan implementasi sektor pendidikan, pengkajian ilmu pengetahuan dan pengabdian/serta pemberdayaan masyarakat melalui berbagai metode perencanaan dan program, sehingga dapat menjadi pioner dalam menggali dan mengembangkan potensi masyarakat.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: